Kamis, 03 Februari 2011

rpp mtk 8


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Madrasah                     : MTs
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas / Semester          : VIII (delapan) / 1


Standar Kompetensi  : 1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.

Kompetensi Dasar   :   1.1 Melakukan operasi bentuk aljabar.
Indikator                   :   1.   Menjelaskan pengertian koefisien, variabel, konstanta, suku satu, suku dua, dan suku tiga dalam variabel yang sama atau berbeda
2.      Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat suku satu, suku dua dan suku banyak.
Alokasi Waktu         : 6 jam pelajaran  ( 3 pertemuan)


A.     Tujuan Pembelajaran :
1.       Siswa dapat menjelaskan pengertian koefisien, variabel, konstanta, suku satu, suku dua, dan suku tiga dalam variabel yang sama atau berbeda
2.       Siswa dapat menyelesaikan operasi tambah, kurang, bagi, kali, dan pangkat suku satu, suku dua, dan suku banyak

B.     Materi Pembelajaran
1.       Pengertian bentuk aljabar
2.       Penjumlahan dan pengurangan suku-suku sejenis
3.       Perkalian dan pembegian suku satu dan suku dua
4.       Perpangkatan suku satu dan suku dua

C.     Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan

D.     Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
Pendahuluan :
Apersepsi       :   Mengingat kembali operasi hitung bilangan bulat dan bentuk aljabar
Motivasi         :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

Kegiatan Inti :
1.       Guru mengaitkan pengetahuan awal siswa
2.       Dengan Tanya jawab guru membahas pengertian koefisien, variabel, konstanta, suku satu, suku dua, dan suku tiga dalam variabel yang sama atau berbeda
3.       Guru mengelompokkan siswa yang beranggota 4 – 5 siswa
4.       Siswa mendiskusikan buku paket latihan ….
5.       Siswa mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapinya
6.       Guru bersama siswa membahas soal pada LKS
7.       Dengan berkelompok siswa mendiskusikan latihan 2 dengnan bimbingan guru
8.       Siswa mempresentasikan hasil diskusinya, ditanggapi kelompok lain
9.       Untuk pendalaman materi siswa diberi latihan soal

Penutup :
1.      Guru meminta siswa untuk merangkum materi pembelajaran yang telah dibahas
2.      Guru memberi PR

PERTEMUAN KEDUA
Pendahuluan :
Apersepsi       :   Membahas PR pertemuan sebelumnya (Pertama)
Motivasi         :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

Kegiatan Inti :
1.       Dengan Tanya jawab guru membahas contoh-contoh penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar.
2.       Guru mengelompokkan siswa yang beranggota 4 – 5 siswa.
3.       Siswa mendiskusikan latihan pada buku paket.
4.       Siswa mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapinya.
5.       Guru bersama siswa membahas soal pada LKS.
6.       Dengan berkelompok siswa mengerjakan soal buatan guru.
7.       Siswa mempresentasikan hasil diskusinya, ditanggapi kelompok lain
8.       Untuk pendalaman materi siswa diberi latihan soal

Penutup :
1.      Guru meminta siswa untuk merangkum materi pembelajaran yang telah dibahas
2.      Guru memberi PR

PERTEMUAN KETIGA
Pendahuluan :
Apersepsi       :   Membahas PR pertemuan sebelumnya (Kedua)
Motivasi         :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

Kegiatan Inti :
1.      Dengan Tanya jawab guru membahas contoh-contoh operasi perkalian, pembagian dan perpangkatan suku satu dan suku dua.
2.      Guru mengelompokkan siswa yang beranggota 4 – 5 siswa.
3.      Siswa mendiskusikan latihan pada buku paket.
4.      Siswa mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapinya.
5.      Guru bersama siswa membahas soal pada LKS.
6.      Untuk pendalaman materi siswa diberi latihan soal

Penutup :
1.      Guru meminta siswa untuk merangkum materi pembelajaran yang telah dibahas
2.      Guru memberi PR

E.      Alat dan Sumber Bahan :
1.       Buku paket matematika SMP kelas VIII
2.       LKS MGMP Matematika kelas VIII

F.      Penilaian :
Teknik                     :  Kuis, tes
Bentuk Instrumen     :  Pertanyaan lisan dan tertulis
Alokas Waktu         :  1 × 40 menit
Instrumen                 :

Selesaikanlah dengan tepat dan benar!

1.         Tentukan koefisien, variable, dan konstanta dari bentuk aljabar berikut!
a.       2x
b.       3p2 − 9
c.       k2 + k − 12

2.         Sederhanakan!
a.       27a − 6b − 13a + 24b
b.       Jumlahkan 5p2 + 2p − 5 dan p2 − 3p + 4

3.         Tentukan hasil pengurangan berikut!
a.       (3y2 − 7y + 1) dari (y2 + 3y + 4)
b.       3(8 + a) dari 7(6 + 4a)
4.         Tentukan hasil operasi hitung berikut!
a.       −2(3a + b − 2c)
b.       (4p + 2)(3p − 3)
c.       (2x − 4)(5x2 + 3x − 1)
d.       (36x4y2z6) : (12x2yz3)

5.         Tentukan hasil operasi hitung berikut!
a.       (2a2)2
b.       (−3p)3
c.       (3 + 2t)2
d.       (2c2 − 3)2
e.       3a2 + (2a + 1)2

                                       ,    Juli 2008
Mengetahui,                                                                              Guru Mata Pelajaran
Kepala MTs N                                                




.........................                                                                    .........................
NIP. .........................                                                   NIP...........................




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                   
Madrasah                     : MTs
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas / Semester          : VIII (delapan) / 1


Standar Kompetensi  : 1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.

Kompetensi Dasar     : 1.2 Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya.
Indikator                     : 1.    Menguraikan bentuk aljabar kedalam faktor-faktor sampai dengan suku tiga
3.      Menyederhanakan pembagian suku.
Alokasi Waktu           : 6 jam pelajaran  ( 3 pertemuan)


A.     Tujuan Pembelajaran :
1.       Siswa dapat menentukan faktor suku aljabar
2.       Siswa dapat menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
3.       Siswa dapat menyederhanakan pembagian suku

B.     Materi Pembelajaran
1.      Memfaktorkan suku dua dan suku tiga
2.      Menyederhanakan pembagian suku

C.     Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan

D.    Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
Pendahuluan :
Apersepsi       :   Mengingat kembali tentang variabel, koefisien dan konstanta
Motivasi         :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

Kegiatan Inti :
1.      Dengan berdialog, siswa diminta menyebutkan faktor-faktor dari suatu bilangan
2.      Guru membimbing siswa untuk menentukan FPB
3.      Guru dan siswa mendiskusikan hukum distributif untuk diterapkan pada pemfaktoran aljabar suku dua dan tiga
4.      Siswa mengerjakan latihan soal-soal tentang pemfaktoran pada LKS (hal … lat … nomor …)
5.      Siswa mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapinya
6.      Untuk pendalaman materi siswa diberi latihan soal

Penutup :
1.      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi
3.      Guru memberi PR

PERTEMUAN KEDUA
Pendahuluan :
Apersepsi       :   - Membahas PR pertemuan sebelumnya (Pertama)
                         - Mengingat kembali penjumlahan dan perkalian bentuk aljabar
Motivasi         :   Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan pemfaktoran

Kegiatan Inti :
1.      Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri 3-5 orang
2.      Dengan berdiskusi dalam kelompok masing-masing, siswa diharapkan dapat menemukan cara memfaktorkan bentuk ax2 + bx + c dengan a = 1, c0
3.      Dengan diskusi yang dibimbing guru, siswa diharapkan dapat menemukan cara memfaktorkan bentuk ax2 + bx + c dengan a 1, c0
4.      Siswa mengerjakan latihan soal-soal tentang pemfaktoran bentuk ax2 + bx + c dengan a = 1,     c 0, dan a 1, c0, LKS (hal …  lat …  nomor …. )

Penutup :
1.      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi
3.      Guru memberi PR

PERTEMUAN KETIGA
Pendahuluan :
Apersepsi       :   -Membahas PR pertemuan sebelumnya (Kedua)
                         -Mengingat kembali pemfaktoran
Motivasi         :   Konsep pemfaktoran banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Kegiatan Inti :
1.      Dengan Teman sebangku siswa berdiskusi menyederhanakan pecahan bentuk aljabar.
2.      Dengan bimbingan guru, siswa menuliskan hasinya di papan tulis.
3.      Siswa lihan soal-soal penyederhanaan pecahan bentuk aljabar.

Penutup :
1.      Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi
3.      Guru memberi PR

E.     Alat dan Sumber Bahan :
1.      Buku paket matematika SMP kelas VIII
2.      LKS MGMP Matematika kelas VIII
3.      Penggaris, kertas persegi, dan kertas persegi panjang

F.      Penilaian :
Teknik                     :  Kuis, tes
Bentuk Instrumen     :  Pertanyaan lisan dan tertulis
Alokas Waktu         :  1 × 40 menit
Instrumen                 :

Selesaikanlah dengan tepat dan benar!
1.      Faktorkan!
a.       6x2 + 4x                                                     c.  2abc2 − 8a3b + 12a2bc
b.      5ab + 15bc + 25bd                                    d.  2a2 − 50b2  
2.      faktorkanlah!
a.       x2 − 9                                                         c.  4x­­2 − 81
b.      16a2 − 81b2                                                d.  2a4 − 32
3.      Faktorkanlah!
a.       x2 + 7x + 12                               c. −15 + 2p + p2                         e. 4a2 − 4ab + b2
b.      a2 − 14a + 45                             d. 3x2 − 7x − 6
4.      Sederhanakan!
c.                                                        c. 
d.                                                          d. 
                                                          
                                                            Lasem,    Juli 2008
Mengetahui,                                                                              Guru Mata Pelajaran
Kepala MTs N                                                




.........................                                                           .........................
NIP. .........................                                                    NIP...........................












































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Madrasah                     : MTs
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas / Semester          : VIII (delapan) / 1


Standar Kompetensi  : 1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.

Kompetensi Dasar   :   1. 4. Menentukan nilai fungsi.
Indikator                   :   1.   Menghitung nilai fungsi
4.      Menyusun tabel fungsi.
5.      Menghitung nilai perubahan fungsi jika variabel berubah.
6.      Menentukan bentuk fungsi, jika nilai dan data fungsi diketahui

Alokasi Waktu         : 6 jam pelajaran  ( 3 pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa dapat menghitung nilai fungsi
2.      Siswa dapat menyusun tabel fungsi
3.      Siswa dapat menghitung nilai perubahan fungsi, jika variabel berubah
4.      Siswa dapat menentukan bentuk fungsi, jika nilai dan data fungsi diketahui

B.     Materi Pembelajaran
1.      Nilai suatu fungsi
2.      Tabel fungsi
3.      Nilai perubahan fungsi jika variabel berubah
4.      Bentuk fungsi, nilai dan data fungsi diketahui

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi kelompok (kooperatif)

D.     Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
Pendahuluan :
Apersepsi       :   Mengingat kembali koordinat  kartesius
Motivasi         :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
Kegiatan Inti :
1.      Siswa dimotivasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan nilai fungsi
2.      Guru meminta siswa untuk berkelompok menyelesaikan soal dalam menghitung nilai suatu fungsi dengan system diskusi
3.      Dari kelompok tadi guru membimbing untuk menyusun tabel fungsi
4.      Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di papan tulis
Penutup :
1.      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
2.      Guru memberi PR (tugas)

PERTEMUAN KEDUA
Pendahuluan :
Apersepsi       :   - Membahas PR pertemuan sebelumnya (Pertama)
                         - Mengingat kembali tentang pengertian fungsi
Motivasi         :   Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan perubahan fungsi
Kegiatan Inti :
1.        Siswa dimotivasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan nilai fungsi
2.        Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi untuk menyelesaikan nilai perubahan fungsi.
3.        Masing-masing kelompok diminta untuk menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
Penutup :
1.      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi
3.      Guru memberi PR (tugas)

PERTEMUAN KETIGA
Pendahuluan :
Apersepsi       :   -Membahas PR pertemuan sebelumnya (Kedua)
                         -Mengingat kembali tentang perubahan fungsi
Motivasi         :   Konsep tentang perubahan fungsi banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari
Kegiatan Inti :
1.      Dengan teman sebangku siswa berdiskusi tentang bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi di ketahui.
2.      Beberapa siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi.
3.      Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan
4.      Siswa mengerjakan latihan soal tentang bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui.
Penutup :
1.      Latihan soal yang sudah dikerjakan dikumpulkan
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi
3.      Guru memberi PR (tugas)

E.      Alat dan Sumber Bahan :
1.      Buku paket matematika SMP kelas VIII
2.      LKS MGMP Matematika kelas VIII
3.      Penggaris

F.      Penilaian :
Teknik                     :  Kuis, tes
Bentuk Instrumen     :  Pertanyaan lisan dan tertulis
Alokas Waktu         :  1 × 40 menit
Instrumen                 :

1.      Suatu fungsi f : x → 3x − 1. Tentukan nilai fungsi untuk x = −3 dan x = 2!
2.      Jika y = f(x) = x2 − 2x + 4, jika x berubah dari 0,6 ke 1,5. Hitunglah :
a.       Perubahan nilai x atau ∆x!
b.      Perubahan nilai fungsi f  atau ∆y atau ∆f(x)!
c.       Perubahan rata-rata fungsi f!
3.      Fungsi f didefinisikan dengan rumus f(x) = x2 − 4, dengan xR. Tentukan :
a.       Peta 3 oleh f!
b.      Nilai f untuk x = 1!
c.       Bilangan a sehingga f(a) = 12!

                                      ,    Juli 2008
Mengetahui,                                                                              Guru Mata Pelajaran
Kepala MTs N                                                



.........................                                                           .........................
NIP. .........................                                                   NIP...........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                                   
Madrasah                     : MTs
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas / Semester          : VIII (delapan) / 1


Standar Kompetensi  : 1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.

Kompetensi Dasar   :   1.5. Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada system koordinat cartesius.
Indikator                   :   1.   Menggambar grafik fungsi dalam koordinat cartesius

Alokasi Waktu         : 6 jam pelajaran  ( 3 pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menggambar grafik fungsi dalam koordinat cartesius

B.     Materi Pembelajaran
Menggambar grafik fungsi sama artinya menyatakan suatu fungsi dengan grafik dalam diagram cartesius. Sumbu mendatar untuk nilai-nilai anggota domain atau unsur pertama dari pasangan berurutan dan sumbu vertikal untuk nilai-nilai fungsi atau unsur kedua dari pasangan berurutan.

Contoh : Suatu fungsi h dengan daerah asal = {bilangan bulat antara –5 dan 3} ditentukan dengan h:x→3 – x ( dibaca fungsi h memetakan x ke 3 – x ), dapat ditulis dengan rumus h(x) = 3 – x.
Buatlah grafiknya!
Jawab :
h(x) = 3 – x, daerah asal = {–4,–3,–2,–1, 0, 1, 2}
h(–4) = 3 – (–4) = 7 maka A(–4, 7)
h(–3) = 3 – (–3) = 6 maka B(–3, 6)
h(–2) = 3 – (–2) = 5 maka C(–2, 5)
h(–1) = 3 – (–1) = 4 maka D(–1, 4)
h(0)   = 3 – (0)   = 3 maka E(0, 3)
h(1)   = 3 – (1)   = 2 maka F(1, 2)
h(2)   = 3 – (2)   = 1 maka G(2, 1)

         
C.     Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, pembagian tugas dengan kerja individual dan kelompok kooperatif

D.     Langkah-langkah Kegiatan

Pendahuluan : - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
                         - Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan
Apersepsi       :   Untuk mengingat kembali guru memberi pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi
Motivasi         :   Apabila materi ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

Kegiatan Inti :
1.      Guru meminta agar siswa secara berkelompok (4–5 anak) untuk mendiskusikan suatu fungsi yang dinyatakan dengan grafik fungsi dalam koordinat cartesius.
2.      Secara berkelompok siswa diminta mengerjakan latihan pada LKS / buku paket
3.      Bagi kelompok yang sudah selesai diminta mempresentasikan hasil pekerjaannya. Kelompok lain menanggapi sedangkan guru memberi umpan balik terhadap hasil pekerjaan dan memberi penghargaan bagi kelompok yang berprestasi.

Penutup :
1.      Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
2.      Guru memberi PR (tugas)

E.      Alat dan Sumber Bahan :
1.      Penggaris dan papan petak
2.      Buku paket matematika SMP kelas VIII
3.      LKS MGMP Matematika kelas VIII

F.      Penilaian :
Teknik                     :  Kuis, tes
Bentuk Instrumen     :  Pertanyaan lisan dan tertulis
Alokas Waktu         :  1 × 40 menit
Instrumen                 :

1.      Suatu fungsi f(x) = x + 3 dengan daerah asal A = {0, 1, 2, 3, 4, 5} dan daerah kawan adalah himpunan bilangan cacah kurang dari 10.
Gambarlah diagram cartesius untuk fungsi tersebut!
2.      Fungsi h memetakan 13, 25, 35, 43, 58.
a.       Tentukan domain dan rangenya!
b.      Gambarlah diagram panah dan diagram cartesius dari fungsi tersebut!


                                       ,    Juli 2008
Mengetahui,                                                                              Guru Mata Pelajaran
Kepala MTs N                                                




.........................                                                           .........................
NIP. 150250012                                                                      NIP...........................




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Madrasah                     : MTs
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas / Semester          : VIII (delapan) / 1


Standar Kompetensi  : 1.   Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.

Kompetensi Dasar   :   1.6. Menentukan gradien, persamaan dan grafik garis lurus.
Indikator                   :   1.     Mengenal persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk dan variabel
2.      Menyusun tabel pasangan dan menggambar grafik pada koordinat cartesius
3.      Mengenal pengertian dan menentukan gradien persamaan garis lurus dalam berbagai bentuk.
4.      Menentukan persamaan garis melalui dua titik, melalui sebuah titik dan gradien.
5.      Menentukan koordinat titik potong dua garis.
6.      Menentukan konsep persamaan garis lurus untuk memecahkan masalah.

Alokasi Waktu         : 6 jam pelajaran  ( 3 pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran :
1.      Siswa dapat menentukan gradien.
2.      Siswa dapat menentukan persamaan garis lurus.
3.      Siswa dapat menggambar grafik garis lurus.

B.     Materi Pembelajaran
1.      Menemukan sifat-sifat persamaan garis lurus.
a.       Mengenal persamaan garis lurus.
b.      Menyusun tabel pasangan dan menggambar grafik
c.       Mengenal pengertian dan menentukan gradien
2.      Menentukan persamaan dan koordinat titik potong dua garis.
a.       Menentukan persamaan garis lurus.
b.       Koordinat titik potong dua garis lurus.
c.       Menggunakan konsep persamaan garis lurus untuk memecahkan masalah.

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, pembagian tugas dengan kerja individual dan kelompok kooperatif

D.     Langkah-langkah Kegiatan
Pendahuluan : - Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
                         - Guru menginformasikan model pembelajaran yang akan digunakan
Apersepsi       :   1. Guru memberi pertanyaan tentang sistem koordinat cartesius
                         2. Guru mengingatkan kembali tentang cara membuat sketsa grafik fungsi aljabar.
Motivasi         :   - Senanglah dengan pelajaran matematika karena akan dapat membantu dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
                         - Guru memberi pertanyaan yang berhubungan dengan gradien dan persamaan garis lurus.

Kegiatan Inti :
1.      Guru meminta agar siswa secara berkelompok (4–5 anak) untuk mendiskusikan materi pelajaran dan guru membimbingnya.
2.      Secara berkelompok siswa diminta mengerjakan latihan pada LKS / buku paket
3.      Bagi kelompok yang sudah selesai diminta mempresentasikan hasil pekerjaannya. Kelompok lain menanggapi sedangkan guru memberi umpan balik terhadap hasil pekerjaan dan memberi penghargaan bagi kelompok yang berprestasi.
4.      Secara berkelompok siswa diminta untuk membuat soal dan menyelesaikan dengan cara yang sama setelah mereka memahami secara menyeluruh.
5.      Bagi siswa yang telah selesai diminta mempresentasikan didepan kelas
6.      Siswa diminta mengerjakan soal LKS secara individu

Penutup :
1.      Guru meminta siswa untuk merangkum materi pembelajaran dan guru membimbingnya.
2.      Guru memberi pekerjaan rumah, pada LKS dan soal yang dibuat guru.

E.      Alat dan Sumber Bahan :
1.      Penggaris dan papan petak
2.      Buku paket matematika SMP kelas VIII
3.      LKS MGMP Matematika kelas VIII

F.      Penilaian :
Teknik                     :  Kuis, tes
Bentuk Instrumen     :  Pertanyaan lisan dan tertulis
Alokas Waktu         :  1 × 40 menit
Instrumen                 :

1.      Diketahui y = 2x + 4, empat koordinat titik pada grafik fungsi tersebut diantaranya ….
2.      Dari persamaan garis 2y – 6x = 6 mempunyai gradien ….
3.      Persamaan garis melalui titik (2,–2) dan gradien 3 adalah ….

                                      ,    Juli 2008
Mengetahui,                                                                              Guru Mata Pelajaran
Kepala MTs N                                                




.........................                                                           .........................
NIP. 150250012                                                                      NIP...........................




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                       
Madrasah                     : MTs
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas / Semester          : VIII (delapan) / 1

Standar Kompetensi  : 2.   Memahami sistem persamaan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar     : 2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.
Indikator                     : 1.   Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
2.      Menyatakan variabel dengan variabel lain suatu PLDV.
3.      Mengenali SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel .
4.      Mengenali variabel dan koefisien SPL
5.      Membedakan akar dan bukan akar SPL dan SPLDV.
6.      Menjelaskan arti kata “dan” pada solusi SPLDV
7.      Menentukan penyelesaian SPLDV dengan eliminasi, substitusi, dan grafik
Alokasi Waktu           : 6 jam pelajaran  ( 3 pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV
  2. Siswa dapat menyatakan variabel dengan variabel lain suatu PLDV.
  3. Siswa dapat mengenali SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel .
  4. Siswa dapat mengenali variabel dan koefisien SPL
  5. Siswa dapat membedakan akar dan bukan akar SPL dan SPLDV.
  6. Siswa dapat menjelaskan arti kata “dan” pada solusi SPLDV
  7. Siswa dapat menentukan penyelesaian SPLDV dengan eliminasi, substitusi, dan grafik

B.     Materi Ajar
  1. Menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel

C.     Metode Pembelajaran
   Diskusi kelompok, dan tanya jawab

D.    Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama
  • Pendahuluan     : Membahas PR           
  • Apersepsi         : Mengingat kembali tentang PLSV
  • Motivasi           : Mengingatkan pentingnya SPLDV dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kegiatan Inti     :
            a. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perbedaan antara PLDV dan SPLDV.
            b. Guru dan siswa mendiskusikan dalam menyatakan variabel dengan variabel lain
            c. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan berbagai bentuk SPLDV
            d. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal yang berkaitan dengan SPLDV danPDLV yang diberikan guru secara berkelompok
·        Penutup:
      a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman
      b. Guru memberikan tugas (PR)

Pertemuan kedua
  • Pendahuluan     : Membahas PR           
·        Apersepsi         : Mengingat kembali tentang mengenai unsur-unsur yang ada pada PLDV dan SPLDV
·        Motivasi           : Mengingatkan pentingnya SPLDV dalam kehidupan sehari-hari.
  •  
  • Kegiatan Inti     :
            a. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perbedaan antara akar dan bukan akar PLDV dan SPLDV.
b. Guru dan siswa mendiskusikan arti kata dan pada solusi SPLDV
            c. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal yang berkaitan dengan SPLDV secara berkelompok
·        Penutup:
      a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman
      b. Guru memberikan tugas (PR)
Pertemuan Ketiga
  • Pendahuluan     : Membahas PR           
·        Apersepsi         : Mengingat kembali mengenai perbedaan akar dan bukabn akar PLSV dan SPLDV
·        Motivasi           : Mengingatkan pentingnya SPLDV dalam kehidupan sehari-hari.

  • Kegiatan Inti     :
            a. Guru menjelaskan dan menyelesaikan SPLDV menggunakan cara eliminasi dan substitusi dengan metode tanya jawab.
            b. Guru mengajak siswa mendiskusikan cara menyelesaikan SPLDV dengan menggambar grafik pada sistem koordinat.
            c. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal berbagai bentuk SPLDV
·        Penutup:
      a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman
      b. Guru memberikan tugas (PR)
E.     Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, penggaris, papan berpetak
F.      Penilaian
      Teknik : kuis, tes
      Bentuk Instrumen : Pertanyaan lisan dan tertulis.
      Contoh Instrumen :
A.  Pilihlah jawaban yang paling tepat dan benar
1.     4x + 2y = 2; x – 2y = 4 disebut .... .
        a. PLDV                                                c. PLSV
        b. SPLDV                                              d. SPLSV
2.     Yang dimaksud dengan SPLDV adalah ... .
        a. 4x + 2y = 2; x – 2y = 4                      c. 4x + 2y 2; x – 2y = 4
        b. 4x + 2y 2; x – 2y 4                      d. 4x + 2y = 2; x – 2y < 4
3.     Bentuk 2x + 3y = 6; x – 4y = 8. Variabeldari SPDLV tersebut adalah ... .
        a. 2 dan 1                                               c. 4 dan 8
        b. 3 dan –4                                             d. x dan y
4.     Selesaikan SPDLV berikut dengan metode eliminasi.
        2x + 3y = 8; 5x – 2y = 1
5.     Selesaikan SPDLV berikut dengan metode substitusi.
        4x + 3y = 5; x – 2y = 4
6.     Selesaikan SPDLV berikut dengan metode eliminasi.
        2xy = 5; x + y = 4

                                       ,    Juli 2008
Mengetahui,                                                                              Guru Mata Pelajaran
Kepala MTs N                                                


.........................                                                           .........................
NIP. 150250012                                                                      NIP...........................


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Madrasah                     : MTs
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas / Semester          : VIII (delapan) / 1

Standar Kompetensi  : 2.   Memahami sistem persamaan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar     : 2.2 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
Indikator                     : 1.   Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang melibatkan SPLDV
Alokasi Waktu           : 2 jam pelajaran  ( 1 pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
B.    Materi Ajar
  1. Sistem persamaan linier dua variabel
C.    Metode Pembelajaran
   Diskusi kelompok, dan tanya jawab
D.    Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama
·        Pendahuluan     :
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.    
b. Apersepsi       : Mengingat kembali tentang cara menyelesaikan SPLDV dengan       substitusi, eliminasi dan grafik.
c. Motivasi         :    Siswa dimotivasi dengan soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kegiatan Inti     :
            a. Guru mengajak siswa untuk berkelompok.
            b. Guru memberikan perasalahan berupa soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV
            c. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan membuat model matematika
            d. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
            e. Masing-masing siswa membuat soal cerita dan model matematikanya
      Penutup:
      a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman materi pembelajaran tentang membuat nodel matematika dari masalah yang berkaitan dengan SPLDV.
      b. Guru memberikan tugas (PR)
E.     Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, buku paket.
F.     Penilaian
      Teknik : tugas kelompok, tes
      Bentuk Instrumen : tertulis dalam bentuk uraian.
      Contoh Instrumen :
A.  Buatlah model matematika dari soal cerita berikut:
1.     Harga 2 baju dan 3 kaos adlah Rp 85.000,00, sedangkan harga 3 baju dan 1 kaos yang sama adalah Rp 75.000,00.
2.     Jumlah dua nbilangan cacah adalah 30, selisish kedua belangan itu 6..

                                        ,    Juli 2008
Mengetahui,                                                                              Guru Mata Pelajaran
Kepala MTs N                                                



.........................                                                           .........................
NIP. 150250012                                                                      NIP...........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Madrasah                     : MTs
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas / Semester          : VIII (delapan) / 1

Standar Kompetensi  : 2.   Memahami sistem persamaan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar     : 2.3 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel.
Indikator                     : 1.   Menyelesaikan SPLDV pada Permasalahan sehari-hari
2.      Menafsirkan hasil penyelesaian SPLDV pada Permasalahan sehari-hari
Alokasi Waktu           : 6 jam pelajaran  ( 3 pertemuan)


A.     Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menyelesaikan SPLDV pada Permasalahan sehari-hari
  2. Siswa dapat menafsirkan hasil penyelesaian SPLDV pada Permasalahan sehari-hari

B.     Materi Ajar
  1. Buku Panduan
  2. LKS Matematika

C.     Metode Pembelajaran
   Diskusi kelompok, Ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama
·        Pendahuluan     : Membahas PR yang dianggap sulit oleh siswa
Mengingat kembali tentang cara atau langkah-langkah dalam menyelesaikan SPLDV   
·        Apersepsi         : Menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Motivasi           : Mengingatkan pentingnya SPLDV dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kegiatan Inti     :
            a. Guru mengingatkan kembalikepada siswa tentang langkah-langkah penyelesaian SPLDV dengan cara campuran eliminasi dan substitusi.
            b. Guru menyampaikan soal cerita tentang “gula dan teh" yang berkaitan dengan SPLDV.
            c. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.
            d. Siswa mengerjakan tugas LKS
            e. Gurumeminta salah satu siswa untuk melaporkan hasil pekerjaannya dan meminta siswa lain untuk menanggapinya.
            g. Guru meminta siswa untuk berdiskusi dengan teman sebangkunya tentang langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV dan salah satu kelompok diminta untuk melaporkan hasilnya dan siswa lain untuk menanggapi.
     
·        Penutup:
      a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman
      b. Guru memberikan tugas (PR)

Pertemuan kedua
  • Pendahuluan     : Membahas PR           
·        Apersepsi         : Mengingat kembali tentang mengenai unsur-unsur yang ada pada PLDV dan SPLDV
·        Motivasi           : Mengingatkan pentingnya SPLDV dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kegiatan Inti     :
            a. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perbedaan antara akar dan bukan akar PLDV dan SPLDV.
            b. Guru dan siswa mendiskusikan arti kata dan pada solusi SPLDV
            c. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal yang berkaitan dengan SPLDV secara berkelompok
·        Penutup:
      a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman
      b. Guru memberikan tugas (PR)
Pertemuan Ketiga
Pendahuluan         
a. Membahas PR         
b. Apersepsi  : Mengingat kembali mengenai perbedaan akar dan bukabn akar PLSV dan SPLDV
c. Motivasi     :  Mengingatkan pentingnya SPLDV dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti          
            a. Guru menjelaskan dan menyelesaikan SPLDV menggunakan cara eliminasi dan substitusi dengan metode tanya jawab.
            b. Guru mengajak siswa mendiskusikan cara menyelesaikan SPLDV dengan menggambar grafik pada sistem koordinat.
            c. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal berbagai bentuk SPLDV
Penutup
      a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman
      b. Guru memberikan tugas (PR)

E.     Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, penggaris, papan berpetak
F.      Penilaian
      Teknik : kuis, tes
      Bentuk Instrumen : Pertanyaan lisan dan tertulis.
      Contoh Instrumen :
A.  Pilihlah jawaban yang paling tepat dan benar
1.     4x + 2y = 2; x – 2y = 4 disebut .... .
        a. PLDV                                                c. PLSV
        b. SPLDV                                              d. SPLSV
2.     Yang dimaksud dengan SPLDV adalah ... .
        a. 4x + 2y = 2; x – 2y = 4                      c. 4x + 2y 2; x – 2y = 4
        b. 4x + 2y 2; x – 2y 4                      d. 4x + 2y = 2; x – 2y < 4
3.     Bentuk 2x + 3y = 6; x – 4y = 8. Variabeldari SPDLV tersebut adalah ... .
        a. 2 dan 1                                               c. 4 dan 8
        b. 3 dan –4                                             d. x dan y
4.     Selesaikan SPDLV berikut dengan metode eliminasi.
        2x + 3y = 8; 5x – 2y = 1
5.     Selesaikan SPDLV berikut dengan metode substitusi.
        4x + 3y = 5; x – 2y = 4
6.     Selesaikan SPDLV berikut dengan metode eliminasi.
        2xy = 5; x + y = 4

                                        ,    Juli 2008
Mengetahui,                                                                              Guru Mata Pelajaran
Kepala MTs N                                                



.........................                                                           .........................
NIP. 150250012                                                                      NIP...........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Madrasah                     : MTs
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas / Semester          : VIII (delapan) / 1

Standar Kompetensi  : 3.   Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar     : 3.1 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku.

Indikator                     : 1.   Menemukan dan menyatakan Teorema Pythagoras dan syarat berlakunya.
2.      Menuliskan teorema Pythagoras untuk sisi-sisi segitiga siku-siku..
3.      Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku .

Alokasi Waktu           : 2 jam pelajaran  ( 1 pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menyatakan Teorema Pythagoras dan syarat berlakunya
  2. Siswa dapat. menuliskan teorema Pythagoras untuk sisi-sisi segitiga siku-siku.
  3. Siswa dapat menghitung panjang sisi segitiga siku-siku, jika dua sisi yang lain diketahui.

B.     Materi Ajar
1.      Theorema Pythagoras. l

C.     Metode Pembelajaran
   Diskusi kelompok, dan tanya jawab

D.    Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama
  • Pendahuluan     :
  • Apersepsi         : Mengingat kembali Pengertian segitiga siku-siku
·        Motivasi           : Memberikan contoh pentingnya mempelajari teorema Pythagoras bila dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari.

  • Kegiatan Inti     :
a.       Guru mengajak siswa untuk mengetahui sisi siku-siku dan sisi hypotenusa.
b.      Guru membentuk kelompok yang heterogen dan mengatur tempat duduk siswa agar setiap anggotadapat saling bertatap muka, tap kelompok terdiri atas 4–5 siswa.
c.       Guru memberikan LKS no 1. Setiap kelompok diberi 2 set, siswa mengerjakan secara berpasangan. Jika ada siswa yang tidak dapat mengerjakan, teman satu kelompok bertanggung jawab untuk menjelaskannya.
d.      Berikan kunci LKS agar siswa dapar mengecek hasilnya sendiri. Setiap pertanyaan yang diajukan agar dapat di jawab terlebih dahulu dalam kelompok masing-masing.
e.       Guru berkeliling Mengawasi kerja kelompok.
f.        Secara bergantian ketua kelompok melaporkan hasil kerja kelompoknya, dan hambatan yang dialami selama mengerjakan LKS.
g.       Guru memberikan penjelasan dalam menyelesaikan hambatan yang dialami.
h.       Guru memberikan LKS no 2. Setiap kelompok diberi 2 set, siswa mengerjakan secara berpasangan. Jika ada siswa yang tidak dapat mengerjakan, teman satu kelompok bertanggung jawab untuk menjelaskannya.
i.         Berikan kunci LKS agar siswa dapar mengecek hasilnya sendiri. Setiap pertanyaan yang diajukan agar dapat di jawab terlebih dahulu dalam kelompok masing-masing.
j.        Guru berkeliling Mengawasi kerja kelompok.
k.      Secara bergantian ketua kelompok melaporkan hasil kerja kelompoknya, dan hambatan yang dialami selama mengerjakan LKS.
l.         Guru memberikan penjelasan dalam menyelesaikan hambatan yang dialami.
m.     Setelah LKS no 2 selesai dikerjakan, guru memberikan kuis yang harus dikerjakan secara individu
n.       Berikan penghargaan kepada siswa dan kelompok dengan skor nilai tertinggi.
·        Penutup:
      a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman, beberapa siswa diminta membacarangkumannya.
      b. Guru memberikan tugas (PR)

E.     Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, LKS, penggaris, papan berpetak
F.      Penilaian
      Teknik : kuis, tes
      Bentuk Instrumen : Pertanyaan lisan dan tertulis.
      Contoh Instrumen :
1.      Perhatikan gambar di bawah!
Yang merupakan sisi siku-siku adalah ... .
Yang merupakan sisi hypotenusa adalah ... .
 






2.      Pada segitiga siku-siku kuadrat sisi hypotenusa sama dengan .......... kuadrat kedua sisi siku-siku.
3.      Tuliskan teorema Pythagoras untuk gambar segitiga di bawah ini!
 







4.      Diketahui ∆KLM siku-siku di L. Panjang sisi KL = 6 cm, LM 8 cm. Hitung panjang sisi KM.
5.      Perhatikan gambar di bawah!
∆ADE siku-siku sama kaki. Panjang AC = 12 cm, DE = 7 cm.
Hitunglah panjang DC!
 








                                        ,    Juli 2008
Mengetahui,                                                                              Guru Mata Pelajaran
Kepala MTs N                                                




.........................                                                           .........................
NIP. 150250012                                                                      NIP...........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Madrasah                     : MTs
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas / Semester          : VIII (delapan) / 1

Standar Kompetensi  : 3.   Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar     : 3.2 Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras.
Indikator                     : 1.   Menghitung perbandingan sisi segitiga siku-siku istimewa
2.      Menghitung panjang diagonal pada bangun datar.
Alokasi Waktu           : 4 jam pelajaran  ( 2 pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menghitung perbandingan sisi degitiga siku-siku istimewa
  2. Siswa dapat menghitung panjang diagonal pada bangun datar.

B.     Materi Ajar
  1. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

C.     Metode Pembelajaran
   Diskusi kelompok, Demonstrasi

D.    Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama
·        Pendahuluan     : Membahas PR yang dianggap sulit oleh siswa
·        Apersepsi         : Menyampaikan tujuan pembelajaran
·        Motivasi           : Menginformasikan pentingnya penguasaan teorema Pythagoras untuk bangun datar dan kehidupan sehari-hari..

  • Kegiatan Inti     :
1.      Mengelompokkan siswa, tiap kelompok 4–5 siswa
2.      Dengan diskusi siswa diminta, menyebutkan sifat segitiga sama sisi.
3.      Siswa diminta menghitung panjang garis tinggi segitiga sama sisi dengan panjang sisi a cm.
4.      Siswa diminta mempresentasikan hasil kerjanya dan kelompok lain diminta menanggapi.
5.      Siswa diberi latihan soal.
     
·        Penutup:
      a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman
      b. Guru dan siswa melakukan refleksi pembelajaran.
      c. Guru memberikan tugas (PR)

Pertemuan kedua
  • Pendahuluan     : Membahas PR           
·        Apersepsi         : Mengingat kembali tentang sifat persegi panjang dan belah ketupat.
·        Motivasi           : Mengingatkan pentingnya teorema Pythagoras dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kegiatan Inti     :
o   Mengelompokkan siswa, tiap kelompok 4–5 siswa
o   Dengan diskusi siswa diminta, menhitung panjang diagonal persegi panjang.
o   Dengan bekerja kelompok, siswa menghitung panjang diagonal belah ketupat.
o   Siswa diminta mempresentasikan hasil kerjanya dan kelompok lain diminta menanggapi.
o   Siswa diberi latihan soal.
·        Penutup:
      a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman
      b. Guru memberikan tugas (PR)

E.     Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, penggaris, papan berpetak

F.      Penilaian
      Teknik : kuis, tes
      Bentuk Instrumen : Pertanyaan lisan dan tertulis.
      Contoh Instrumen :
1.     Tentukan panjang garis tinggi segitiga sama sisi yang panjang sisinya 12 cm.
2.     Hitunglah panjang diagonal persegi panjang dengan ukuran 9 cm ´ 12 cm,
3.     Panjang salah satu diagonal belah ketupat 14 cm. Keliling belah ketupat 1m. Hitunglah panjang diagonal yang lain.

                                        ,    Juli 2008
Mengetahui,                                                                              Guru Mata Pelajaran
Kepala MTs N                                                




.........................                                                           .........................
NIP. 150250012                                                                      NIP.15

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar